Pages

09 Juli 2008

cuma cincin jelek,karatan,tasikon,ga layak pake lagi..

Jalan-jalan sore bareng canda panda(my cute catty)tanpa bawa apa-apa ...

Jumpa ma kaleng butut yang usang-aseng yang tak terpakai..

Angap saya yang sedang jalan-jalan sore bareng canda panda..

Dan karna saya cinta tanah air,yang rajin membuang sampah pada tempatnya.

Jelas-jelas tanpa basa yang basi saya langsung mungut end buang tu kaleng ke tempatnya yang kebetulan bersebrangan dijalan-tempat saya jalan sore..

.

Nyebrang di sebrangi ma canda panda(uda bawaan lahir takut nyebrang).

Trus buang sampahnya..

Clink....***

Duh ada yang silau neH,,

Upz...ternyata ada cincin jelek udah karatan,tasikon ga layak pake lagi..

Tapi berkesan pada pandangan pertama..

Padahal uda ketimpa ma perut ikan yang baunya ga nanggung bikin pingsan..

Penasaran langsung ambil tu cintin end bersihin pake tisue yang uda dijadiin sampah tapi masih layak pake dalam kemasannya...

Jalan-jalan lagi..

Sambil senyam senyum tak menentu melempar ke atas nangkap dibawah tu cincin...

Tiba-tiba..

Seorang bapak yang berbadan tipis,berjeket tipis,berkumis tipis tapi berkantong tebal datang menghampiri saya,klu ga salah bapak itu duduk dikedai kopi yang bersebrangan dari tempat sampah tempat saya menemukan cincin jelek,karatan,tasikon,ga layak pake lagi itu...pas posisi cincin mendarat tepat ditangan kanan tanpa lecet.

Bapak itu langsung senyum tipis ke arah saya..

Masih linglunglang dan menoleh ke belakang mata tau bukan saya..

Dlegh...

Saya menelan ludah...

Ada perlu apa ya bapak ne...

Bertanya-tanya dunk dalam hati...

“dek..bole liat ga cincinnya..tadi bapak uda merhatiin tu cincin..tapi karna ada ditempat jorok..bapak ga tega ngmbilnya..heehee”..

Sial..dalam hati memaki..

Giliran ni cincin uda bersih karna tisue dia santai-santai bilang mau liat,tapi sambil ngasih tu cincin...

“dek..bapak beli ya 50 rebu..”

Curiga juga seh..

Ntah ne cincin,benar-benar emas putih yang karatan,atau tembaga atau perak atau apalah yang sangat berharga...

Kok berani nebus....

Tapi tanpa pikir panjang kali lebar karna laper juga..

Saya tersenyum sambil ngasih cincin jelek,berkarat tasikon,ga layak pake lagi itu pada si bapak..

Sepertinya bapak itu bahagia sekali..

Sungguh saya tak berkata apa-apa...

“cincin ini mirip cincin ibu saya yang saya hilangkan beberapa tahun lalu..trimakasi ya dek”..

Saya tersenyum manis lagi sambil menerima duit yang ternyata si bapak berkantong tipis..

Hi..hii...

Abis pusaka seh masa Cuma 50 rebu..tapi ga pa-pa denk..

Buat makan mie goreng...

Berjalan dengan bahagia...

Dan makan mie goreng dengan rasa syukur..

Abis makan mie goreng jalan lagi...

Duitnya masih ada sisa...

Dijalan hendak mau pulang saya dan canda panda jumpa pedagang mainan anak-anak...kaki lima dink..bukan delapan..

Yang memperjual belikan mainannya dengan cas n credit mainan anak-anak...

Saya terkesima liat gantungan kunci warna-warni mianannya kupu-kupu..

Harganya ga harus pake kartu kreditlah..

Cuma 15 rebu...

Duit punya sisa 15 rebu..berarti 20 rebu buat makan..

Nambah seh soalnya..hi2ii..bagi dua lagi ma canda panda..

Jalan lagi mau pulang..

Jumpa pedagang buah yang dan enak bagus buat kesehatan..

Satu kilo 15 rebu untuk semua jenis buah..

Jadi saya belilah semua ragam buah itu satu kilo ya..semua macam buah..

Wah...

Habis juga ternyata duitnya..

Jalan.....

Jumpa lagi ma nenek tua kasian benar pakaianya lusuh...hendak mau nyebrang...

Duh,saya takut nyebrang nie..

Ga mungkin canda pandakan saya suruh buat nyebrangin si nenek...

Dengan wajah penuh niat dan sayang sesama saya pegang tangan si nenek trus nyebrangin dia pake filing....

Selamat...

Trimakasi Tuhan..

Saya selamat bersama si nenek dan juga canda panda...

Tak lupa saya berkata ma si nenek untuk tetap hati-hati dan memberikan buah sekilo yang beragem acem tu kepada si nenek..

Dia lebih butuh sepertinya...

Saya jalan lagi..

Sambil liat gantungan kunci warna-warni mainan kupu-kupu yang saya beli di jalan laki lima bukan kali delapan dengan rasa bahagia..

Tiba-tiba lagi..

Ada ibu-ibu sambil lari-lari menghampiri saya..

Sambil terengah-engah...

Ibu itu bilang”adek tadi ya yang beli gantungan kunci warna-warni mainan kupu-kupu itu’..

Iya sahut saya..

“dek tadi saya uda dari situ,duit ibu ketinggalan,pulang lagi ngejemput duit buat beli itu karna kartu kredit ibu uda di blokir dek makanya ga pake kartu..liat tu anak ibu nangis-nangis maunya itu..karna Cuma tinggal satu itu dek..”

“nie ibu ganti dengan liontin bintang punya ibu..masih baru..suer..sumpah..”

“he..he..si ibu...ga pa-pa lagi bu..nie gantungan kunci warna-warni mainan kupu-kupunya..kasian si adek..ntar ga mau makan lagi..”

Saya iklas kok..

Tapi si ibu benaran maksa buat ngasih tu liontin..

Ya udahlah..

“trimakasi ya bu..”..

“duh ibu yang seharusnya makasi buat adek..”..

Liontinnya langsung dunk saya pake..

Keren abis..

Mahalll kayaknya..

Duh..

Cantik benar saya makenya berkaca dari sisa air ujan yang belum meresap ketanah yang ada diaspal yang bolong ...

Jalan lagi lewat dari kedai kopi tadi dan jumpa ma si bapak yang tadi berbadan tipis,jaket tipis,kumis tipis,kantong tipis...

Saya senyum..

Tiba-tiba lagi si bapak ngampirin saya lagi..

Trus bilang “duh dek..kalungnya bagus sekali..bapak beli ya dek 1 juta..buat nambahin koleksi kalung bapak..”

Hak...

“Maaf pak saya ga bisa”

“Duh dek tolonglah dek..kalung ini penting buat nambahin strategi koleksi bapak nanti”

“Ada acara pameran dek,ntar tiketnya gratis buat adek..”

“Ya uda deh,ne pak..duitnya ga usah..”sadar saya duitnya kan tadi dari si bapak..

Si bapak maksa juga..maksa banget..

Duitnya saya trima..

Dan jalan lagi mau pulang..

Dijalan mau pulang udah dekat ma rumah ada segerombolan preman ngerampok

saya..

Syoknya minta ampun..

Ludes sudah 1 juta itu..

Nyampe dirumah...

Ternyata 1 rumah tau pada liat kejadian

Mreka nanya..

“kamu baik-baik ajakan?”..

“apa aja yang dirampok,brapa duit??”

Saya menghela nafas panjang..”ga ada kok Cuma cincin jelek karatan,tasikon,ga layak pake lagi..he..he..”

Kataku sambil berlalu..

Bukannya tadi saya pergi jalan-jalan sore ga bawa apa-apa, Cuma bareng canda panda..

Jadi ngapain berlarut dalam duram durjanya kesedihan...

Iya bukan????

Semangat ya Ernisa...

Life must go on..

He..he...

Menghibur diri....

0 comments: